Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Triwulan II-2016
Jadwal Rilis :
Ukuran File :
Hit :
Abstraksi
Pada triwulan II tahun 2016, konsumen di Provinsi Aceh menyatakan
persepsi yang optimisbahwa kondisi ekonominya lebih baik dibandingkan dengan triwulan I tahun 2016.
Indeks Tendensi Konsumen (ITK) triwulan II-2016 Provinsi Aceh adalah sebesar 113,04.
Tingkat optimisme konsumen tersebut termasuk tinggi, karena
dipengaruhi oleh adanya persepsi optimis yang tinggi pula pada variabel pendapatan rumahtangga di triwulan
II-2016. Menurut konsumen, pendapatannya lebih dibanding triwulan sebelumnya (indeks 109,28).
Selanjutnya, inflasi yang lebih tinggi pada triwulan II-2016 di Aceh seharusnya berpengaruh
terhadap konsumsi selama bulan April-Juni 2016. Namun kenyataannya tingkat optimisme
konsumen justru meningkat (indeks 119,42), artinya meskipun harga naik, konsumen tetap
berbelanja dikarenakan adanya bulan Puasa Ramadhan. Sehingga pada variabel volume konsumsi rumahtangga terhadap komoditi bahan makanan, makanan jadi, dan nonmakanan memperlihatkan persepsi yang juga optimis meningkat (indeks 113,93).
Untuk perkiraan triwulan III tahun 2016, konsumen di Aceh juga
menyatakan persepsi yang optimis bahwa kondisi ekonominya lebih baik. Nilai perkiraan ITK triwulan
III-2016 mendatang mencapai sebesar 105,72.